Perkembangan Teknologi Masa Depan bagi Kelangsungan Hidup




Mulai dari sekarang, sudah seharusnya generasi penerus bangsa menuangkan ide-ide kreatifnya untuk kemajuan dunia, salah satunya melalui “Teknologi”. Teknologi masa depan adalah sebuah kemajuan teknologi yang berkembang seiring waktu dan memperbarui kesalahan-kesalahan atau kelemahan-kelemahan dari teknologi itu sendiri. Contohnya seperti software yang harus di update untuk memperbarui data dan menambah fitur-fitur atau mencegah terjadinya kerusakan data. Hal ini sering terjadi pada “software trial version agar menjadi full fersion” dan kita diharuskan membeli license key atau serial key / serial number.
Hal ini yang menjadi salah satu tujuan diadakannya lomba JB-ITC oleh “Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang” agar mampu memberikan semangat pada generasi penerus bangsa untuk terus berkarya menciptakan teknologi-teknologi baru yang dapat mengguncang dunia. Teknologi masa depan dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari hari seperti mengoperasikan Gadget agar lebih mudah membantu rumah tangga, dan membantu memecahkan masalah. Contohnya sebagai berikut :
1. Teknologi yang dapat membantu mengoperasikan gadget


Seperti mengoperasikan dengan suara (speech recognition), yaitu software buatan Microsoft yang sekarang biasa digunakan untuk gadget seperti Hand Phone ,I Pad, Android, dan Windows Mobile.
          2. Teknologi masa depan yang dapat membantu rumah tangga
Teknologi yang selalu digunakan dalam kegiatan sehari-sehari dalam membantu rumah tangga, seperti “mesin cuci dan vacum cleaner”. Maka dari itu di masa yang akan datang, akan muncul teknologi baru yang akan mempermudah kita dengan cara auto matic yang dikerjakan oleh “robot” atau “humanoid.
3. Teknologi masa depan untuk memecahkan masalah
Contoh teknologi masa depan yang membantu memecahkan masalah yaitu “planter surya”. Planter surya adalah alat yang berfungsi untuk melindungi sumber daya alam artivisial yang menciptakan energi surya untuk melestarikan tanaman dengan cara yang sempurna dilengkapi dengan exhaust fan yang kuat untuk membersikan udara stagnan dari dalam planter solar. Air akan beredar baik di dalam penanaman untuk menjaga dan mengamankan pohon dan tanaman. Planter surya juga menghemat energi dan ramah lingkungan.

Selain itu teknologi masa depan juga memudahkan komunikasi seperti handphone yang biasa digunakan untuk berkomunikasi via telepon, sms, dan video phone. Mungkin di masa depan nanti akan ada alat komunikasi yang lebih hebat lagi seperti pemunculan hologram atau interface yang langsung muncul tanpa menggunakan mesin atau alat yang besar. Seiring perkembangan zaman, teknologi dituntut untuk membuat gadget yang semakin kecil dan semakin multifungsi, karena semakin kecil bentuk fisiknya, maka akan semakin mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan semakin multifungsi penggunaannya, semakin banyak manfaat yang dihasilkan. Contoh perkiraan teknologi masa depan yang bersangkutan dengan semakin “kecil” dan semakin “multifungsi” adalah sebagai berikut :
1. Tablet Kertas
Tablet di masa depan kemungkinan punya layar fleksibel dan ketipisannya hampir seperti kertas. Untuk sekarang, teknologinya memang belum memungkinkan. Sebab, komponen tablet seperti prosesor dan baterai masih belum bisa dibuat dengan sangat tipis. Namun berbagai inovasi baru yang menggunakan teknologi nano akan memungkinkan dibuatnya tablet fleksibel. Misalnya saja, Stanford University telah mengembangkan sejenis baterai yang bisa ditekuk-tekuk.
2. Tablet Keping
Desain tablet bikinan Design Buzz ini memang sangat menarik. Bentuknya tidak satu kesatuan yang utuh, melainkan terdiri dari banyak keping-keping. Setiap kepingan dikatakan punya prosesor dan sumber daya tersendiri. Semakin banyak keping disatukan, si tablet akan semakin besar dan semakin powerful. Namun hati-hati, keping-kepingnya jangan sampai dihilangkan.
3. Tablet Origami
Tablet masa kini sudah ada yang punya dua layar sentuh sekaligus, misalnya tablet Sony. Namun di masa depan, bukan tidak mungkin layar sentuhnya akan terdiri dari tiga buah atau bahkan lebih. Ketiga layar tersebut bisa dilipat sehingga bentuknya akan menjadi ringkas. Ketika dibuka, maka layar sentuhnya akan berukuran besar. Praktis bukan?

Dengan demikian, kami memprediksi bahwa perkembangan teknologi akan terus melaju pesat seiring dengan banyaknya inovasi-inovasi yang ditawarkan oleh penduduk dunia. Kami yakin, dengan adanya perlombaan JB-ITC ini, generasi muda Indonesia dapat terus menumbuhkan ide-ide kreatifnya untuk kemajuan teknologi yang tentunya akan menjadi tonggak bagi bangsa Indonesia kedepannya. 

JB-ITC 2017 ? Salam Teknologi !

2 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/indonesia-di-mata-pendiri-xiaomi.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ri-kirim-kopassus-ke-afghanistan-untuk.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/korut-diduga-kembangkan-rudal-pembawa.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus

Steps in Our Works

Proses kami dalam membuat artikel.
  • 1. Concept

    Membuat perencenaan dengan mempertimbangkan segala hal yang berkaitan dengan artikel kami.

  • 2. PREPARE

    Persiapan segala hal yang akan dibutuhkan dalam artikel kami.

  • 3. RETOUCH

    Proses pembuatan artikel dengan berdasarkan dari perencanaan yang telah dibuat.

  • 4. FINALIZE

    Pemberian sentuhan terakhir yang membuat artikel kami mudah dipahami dan menarik.