Teknologi Masa Depan sebagai Magnet bagi Kehidupan Manusia





Teknologi Masa Depan sebagai Magnet bagi Kehidupan Manusia

 

Teknologi masa depan memiliki keunggulan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti komputer yang selalu membantu kita dalam mengerjakan tugas. Di zaman yang serba modern ini, teknologi sudah seperti ‘magnet’ dalam kelangsungan hidup manusia. Teknologi memiliki daya tarik sendiri bagi orang-orang yang terhipnotis dengan kecanggihannya. Hal itu menyebabkan bertumbuhnya kreativitas baru dan gairah orang-orang untuk menciptakan teknologi yang lebih hebat lagi di masa depan. Berikut ini beberapa peranan penting teknologi masa depan dalam berbagai bidang kehidupan manusia :
1.     Bidang Perdagangan
  • Menyediakan sistem jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu scanner (pemindai).
  • Menyediakan alat bantu konsumen untuk melakukan pengecekan harga.
2.     Bidang Perkantoran
  • Menyediakan mesin penjawab telepon secara otomatis.
  • Menyediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berupa teleks dan  faksimile.
3.     Bidang Perbankan
  • Mengatur pelayanan rekening kepada nasabah.
  • Menyediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan perangkat ini, pihak bank dapat memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi walaupun pada saat libur.
4.     Bidang Penerbangan
·        Mengatur jadwal penerbangan (flight scheduling).
·        Mengatur perubahan jadwal terbang secara mendadak (itinerary change).
·        Mengatur sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan (real time reservation).
·        Mengatur sistem komunikasi kepada pilot-pilot pesawat mengenai apa yang harus dilakukan (flight progress checks).
5.     Rumah Masa Depan




 


Peranan IT dalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation adalah ketersediaan alat pemantau bahaya yang dapat memberitahukan pencurian, kebakaran, dan kebocoran gas. Alat ini berfungsi secara otomatis dan diperintah lewat saluran telepon.
1.     Meningkatkan Layanan Informasi Kesehatan Jarak Jauh (Telemedicine)
Kesehatan merupakan salah satu bidang yang sangat menjanjikan untuk di tingkatkan dengan bantuan teknologi masa depan.

Teknologi masa depan atau modern sangat kuat dengan konstribusi secara ekstensif untuk kemajuan sistem komunikasi. Penemuan robot humanoid adalah contoh teknologi masa depan yang berada di zaman sekarang. Teknologi masa depan memberitahukan bahwa struktur robot ini akan dikirim ke luar planet untuk memperkuat sistem komunikasi. Hingga kini, percobaan masih di upgrade dari robot ini.
Konsep clound black blaekry adalah ponsel canggih yang baik, ramah lingkungan, dan bebas polusi. Ponsel ini diaktifkan dengan bahan bakar cair yang tidak menganggu ketenangan alam. Fungsi teknologi masa depan itu sendiri adalah membawa penemuan lebih banyak lagi dan aksesonois untuk mengupgrade gaya hidup manusia. Lalu ilmu pengetahuan modern sangat efektif untuk membuat penghijauan, sebab bayaknya limbah yang tercemar oleh pabrik-pabrik dan pembuangan sampah sembarangan akan membutuhkan teknologi yang ramah lingkungan.
Teknologi masa depan harus lebih user friendly dan tidak boleh menghambat pertumbuhan alami umat manusia atau tidak boleh menganggu alam dan masyarakat.
Ilmu pengetahuan adalah anugerah dan manusia harus memanfaatkan ini untuk pengembangan ke seluruh dunia. Teknologi masa depan kali ini tidak terkonsentrasi hanya pada kepentingan manusia, sebab para ilmuan dan orang kreatif berusaha untuk menciptakan teknologi yang akan bermanfaat bagi bumi. Contohnya seperti “baterai nuklir” yang bisa dipakai dalam jangka waktu setahun dan bebas polusi. Oleh sebab itu teknologi masa depan harus juga mementingkan polusi, dan pencemaran dengan cara sebagai berikut :
  •  Polusi
Dengan mengurangi pemakaian kendaraan atau mesin yang mengunakan bahan-bahan fosil kita bisa mengatasi polusi. Dengan demikian kita sama saja menolong tumbuhan dan anak atau cucu kita di masa depan. Alangkah baiknya bila kita mengurangi pemakaian kendaraan dan menggantinya dengan “berjalan kaki” atau “menaiki sepeda”, dan bila destinasi kita jauh, usahakan memakai “kendaraan umum”. Hal ini dilakukan untuk kesehatan bumi dan mahluk hidup karena polusi seperti gas CO2 yang dikeluarkan oleh kendaraan seperti mobil dan motor sangat membahayakan bagi makhluk hidup. Dan dengan penanaman tumbuhan kita dapat mengurangi polusi karena sekarang banyak sekali penebangan liar, oleh sebab itu kita wajib juga melindungi hutan, karena tumbuhan dapat menyerap gas CO2 yang akan melindungi seluruh makhluk hidup di bumi. Karena itu di masa depan nanti semua teknologi dituntut tidak boleh mengeluarkan polusi apa lagi mengganggu kesehatan.


  • Pencemaran
    Pencemaran ialah pengotoran atau penguraian zat-zat yang berbahaya, ini disebabkan oleh pembuangan sampah sembarangan, limbah pabrik, dan pergusuran rawa, yang mengancam kesehatan mahluk hidup yang ada di bumi ini. Maka dari itu kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena dapat menyebabkan banjir. Salah satu sampah yang berbahaya adalah “plastik”. Plastik mengandung racun yang bisa membuat sakit dan kematian.

    Dengan demikian, kami yakin “teknologi” tetap menjadi magnet bagi kehidupan manusia di masa depan. Sesuai dengan tema lomba JB-ITC tahun ini, “Grow your Imagination for Future Technology”, diharapkan mampu menjadi langkah awal bagi generasi penerus bangsa untuk mewujudkan impian dalam menciptakan teknologi terbaik di masa depan.

    JB-ITC 2017 ? Salam Teknologi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Steps in Our Works

Proses kami dalam membuat artikel.
  • 1. Concept

    Membuat perencenaan dengan mempertimbangkan segala hal yang berkaitan dengan artikel kami.

  • 2. PREPARE

    Persiapan segala hal yang akan dibutuhkan dalam artikel kami.

  • 3. RETOUCH

    Proses pembuatan artikel dengan berdasarkan dari perencanaan yang telah dibuat.

  • 4. FINALIZE

    Pemberian sentuhan terakhir yang membuat artikel kami mudah dipahami dan menarik.